Penelitian & Pengabdian

Pada hakekatnya pendidikan tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan tridarma: (1) pendidikan dengan cara mengajarkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olah raga dan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat; (2) penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknlogi, seni, dan/atau olah raga serta memperkaya budaya untuk memeperkuat daya saing dan jati diri bangsa; dan (3) pengabdian kepada masyarakat untuk mendorong modernisasi dan perwujudan masyarakat madani sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olah raga dan nilainilai luhur bangsa. Dalam pelaksanaan amanah tridarma perguruan tinggi sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, peran dosen sangat strategis.

Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan,mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai tenaga profesional, dosen dituntut untuk senantiasa melakukan upaya-upaya inovatif dan inventif dalam bidang ilmu yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini menuntut adanya peningkatan kompetensi dosen sesuai dengan bidang ilmunya.

Hal ini menjadi penting mengingat kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas utamanya berupa tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari kegiatan (1) pendidikan, (2) penelitian dan (3) pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah Fakultas Ekonomi Universitas Lampung menyiapkan dana penelitian bagi para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Lampung sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan memantapkan kompetensinya dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya.

Dengan hibah ini, diharapkan para dosen di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Lampung lebih leluasa memperdalam, memperluas, dan mendiseminasikan hasil penelitiannya. Secara lebih khusus, dengan hibah ini diharapkan peneliti selalu konsisten sehingga program penelitiannya tuntas dan menjadi peneliti terbaik di bidangnya. Hibah ini juga menjadi penting guna memudahkan identifikasi dan memetakan kompetensi dosen/peneliti di lingkungan Fakultas Ekonomi Unila.

Maksud dan Tujuan

Pemberian insentif bagi para dosen/peneliti perguruan tinggi berdasarkan kompetensinya dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para dosen/peneliti untuk terus menerus dan konsisten melaksanakan kegiatan penelitian secara terprogram dan berkesinambungan.

Hibah penelitian yang diprogramkan oleh Fakultas Ekonomi Unila ini bertujuan untuk:

  1. Mendorong dan memfasilitasi pengembangan potensi para dosen/peneliti sesuai dengan bidang ilmunya;
  2. Meningkatkan kualitas riset dosen/peneliti dan penulisan karya ilmiah;
  3. Menumbuh-kembangkan budaya kerja sama antar dosen/peneliti dan publikasi jurnal terakreditasi;
  4. Mendorong implementasi payung penelitian (agenda riset) dan atau payung kegiatan lain seperti pmberdayaan masyarakat, KKN tematik, dan lainnya baik jurusan/program studi, laboratorium, kelompok peneliti, atau unit-unit lainnya.

Download :

1. Daftar Penelitian Dosen EP ( Ekonomi Pembangunan )

2. Daftar Penelitian Dosen AKT ( Akuntansi )

3. Daftar Penelitian Dosen MGT ( Manajemen )

     

Program Studi Ekonomi Pembangunan © 2016 Frontier Theme